Membuat diagram activity dengan starUML

Disini kita saya akan membuat suatu diagram activity yang menggambarkan suatu Sistem dari suatu perusaan menggunakan aplikasi starUML. Sebelum itu kita harus tahu terlebih dahulu komponen – komponen apas aja yang digunakan dan fungisi nya, berikut ini adalah penjelasannya :

  • Composition  : Jika sebuah class tidak bisa berdiri sendiri dan harus merupakan bagian dari class yang lain, maka class tersebut memiliki relasi Composition terhadap class tempat dia bergantung tersebut. Sebuah relationship composition digambarkan sebagai garis dengan ujung berbentuk jajaran genjang berisi/solid.
  • Aggregation : Digunakan untuk menghubungkan sebuah kelas dengan kelas yang lain dimana kelas yang lain itu merupakan sebuah decision dimana kita memilih attributnya hanya satu attribute dari attribute yang telah disediakan.
  • Generalization : Digunakan untuk menghubungkan sebuah class dengan class yang lainnya dimana class dan class yang dihubungkan merupakan sebuah sub class. Disini class induk ada di orang dan class sub ada di dosen dan MHS. Panah ini menunjuk kepada class induknya.
  • Association : Digunakan untuk menghubungkan sebuah class dengan class yang lainnya dimana class dan class yang dihubungkan saling berhubungan namun tidak memiliki key yang sama.
  • Class : Merupakan komponen yang menandakan sebuah Class. Yang menggambarkan sebuah struktur dan penjelasan sebuah objek class. Sebuah class mempunyai attribute dan operation

 

Algoritma pembuatan diagram pada StarUML :

  1. Disini kita akan menetukan apa saja yang akan menjadi sebuah kelas. Kelas dari perusaan itu adalah Pegawai, Department, Produk, Transaksi, Pelanggan, Minuman, Makanan dan Perlengkapan.
  2. Setelah itu kita menentukan Atributt apa saja yang ada di dalam kelas tersebut. Salah satu contohnya adalah Pegawai, dimana pegawai itu sendiri memiliki attribut NIP(Nomor Induk Pegawai, Nama dan alamat. Untuk lebih jelas lihat pada gambar.
  3. Kemudian kita metoda / Operation. Ada tidaknya Operation itu tergantu dari class tersebut. Apakah kelas tersebut memungkinkan memiliki kelas. Jita tidak memiliki maka tidak perlu dituliskan.
  4. Selanjutnya kita harus mengetahui hubungan antar kelas. Dimana hubungan ini sangat mempengaruhi diagram yang akan dibuat.

 

Output :

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: