SEA GAMES 2011

Southeast Asian Games (lebih dikenal dengan SEA Games) merupakan ajang olahraga dua tahunan yang melibatkan sebelas negara di Asia Tenggara sebagai peserta. Ajang olahraga ini dibawah regulasi Federasi Southeast Asian Games yang juga diawasi oleh International Olympic Committee (IOC) dan Olympic Council of Asia (OCA) . Indonesia sudah tiga kali tercatat sebagai tuan rumah untuk ajang olahraga seAsia Tenggara ini, yaitu SEA Games ke-10 1979, ke-14 1987 dan ke-19 1997. Selama tiga kali penyelenggaraan, Indonesia selalu menjadi juara umum.

Untuk SEA Games ke-26, Indonesia kembali terpilih sebagai tuan rumah. Berbeda dengan tiga ajang sebelumnya yang pernah diadakan di Indonesia, SEA Games ke-26 ini akan diadakan di empat propinsi di Indonesia: DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Sumatra Selatan. Pemerintah daerah propinsi Sumatra Selatan menyataakan kesiapannya untuk meyelenggarakan upacara pembukaan dan penutupan. Berikut adalah cabang-cabang olahraga yang akan di setiap propinsi:

Propinsi DKI Jakarta, dengan cabang olahraga:
Cycling (Track), Basketball, Futsal, Pencak Silat, Tennis, Table Tenis, Badminton, Fencing, Judo, Sailing, Kempo, Football (satu Pool)

2. Propinsi Jawa Barat, dengan cabang olahraga :
Aquatic (Swimming, Diving), Taekwondo, Canoeing, Rowing, Traditional Boat Race, Dancesport, Chess, Volleyball (Indoor , Beach), Karate, Baseball, Softball, Bowling, Equestrian, Cycling (Road Race, Mountain Bike).

3. Propinsi Sumatera Selatan, dengan cabang olahraga:
Football (satu pool), Wrestling, Gymnastic, Wushu, Powerlifting, Weight lifting, Aquatic (Synchronizes Swimming, Water Polo), Athletic, Wall Climbing.

4. Propinsi Jawa Tengah, dengan cabang olahraga:
Archery, Boxing, Billiards/Snooker , Sepak Takraw, Shooting, Roller Skating dan cabang-cabang olahraga Para SEA Games.

Pada Sea Games ke-26 ini, Indonesia berhasil mengukuhkan diri menjadi Juara Umum untuk ke-10 kalinya dan sekaligus mempertajam rekor gelar Juara Umum (Overall Champion) paling banyak sepanjang sejarah. Meski demikian Indonesia gagal mengawinkan gelar juara umum dengan Medali Emas paling bergengsi Sepak Bola yang terpaksa jatuh ke tangan Kontingen Malaysia. Sejauh ini Indonesia telah empat kali di percaya menjadi Tuan Rumah (Host) dari Event Olahraga terbesar di Asia Tenggara ini. Tidak tanggung tanggung, Indonesia telah
mengeluarkan dana 150 Milyar atau sekitar $15.000 .000 untuk upacara pembukaan (Opening Ceremony) Sea Games tahun ini. Bagaimana dengan upacara penutup (Closing Ceremony) yang telah digelar beberapa waktu yang lalu.

Menurut Pikiran-rakyat. com: Biaya Closing Ceremony Sea Games sama dengan biaya pembukaan yaitu sekitar 150 Milyar. Upacara pembukaan Sea Games ke-26 Palembang memang benar benar Spektakuler. Tatanan panggung yang benar benar sempurna dengan perpaduan technology multimedia yang luar biasa. Di buka dengan sejumlah tarian yang merepleksikan perjalanan masa ke emasan Kerajaan Sriwijaya yang di lakukan oleh ribuan penari yang membuat seisi Gelora Sriwijaya tercengang melihat aksi mereka yang benar benar spektakuler.
Penampilan lain yang tidak kalah spektakulernya adalah kolaborasi tiga diva asia tenggara Agnes Monica (Indonesia) , KC Conception(Philipine) dan Jaclyn Victor (Malaysia) yang membawakan lagu “Together we will Shine”. Ketiga penyanyi ini menunjukkan penampilan terbaik mereka sebagai The Leading Divas in South East Asia. Pada dasarnya dana yang digunakan tersebut adalah dana yang cukup spektakuler karena dengan dana sebanyak itu apabila digunakan untuk merehabilitasi dan memperbaiki sarana dan pra-sarana umum pastinya akan sangat membantu, dengan gemerlap kembang api dan pesta pora tersebut apakah pemerintah pada dasarnya melihat banyak rakyat miskin yang sangat membutuhkan dana tersebut. Akan tetapi dibalik semua itu ada sisi positifnya, saya bisa menarik beberapa fakta dimana bangsa ini sudah mulai menggeliat dalam hal olahraga setelah beberapa lama tertidur dengan memengkan beberapa cabang olah raga sehingga kita bias menjadi juara umum. Selain sukses sebagai tuan rumah penyelenggara sea games 2011. Kita juga menjadi juara umum, tentu ini merupakan suatu prestasi yang membanggakan untuk Indonesia.

inilah hasil perolehan medali – medali yang di dapat setiap Negara pada ajang SEA GAMES dan Indonesia berhasil meraih medali terbanyak :

image

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: