RSS

Penduduk, Masyarakat, dan Kebudayaan

30 Okt

kepadatan rumah penduduk

Peningkatan jumlah penduduk/kelebihan penduduk karena kemampuan khususnya ilmu kedokteran, sehingga kesehatan penduduk lebih terjamin dan tingkat kematian bayi rendah. Akibatnya langsung ke masyarakat dengan banyaknya pengangguran dan secara tidak langsung mengakibatkan timbulnya banyak kriminalitas. Kelebihan penduduk yang;
Absolut: bila suatu daerah dalam waktu tertentu tidak dapatØ memberikan kebutuhan hidup bagi manusia yang berdomisili di wilayah tersebut.
Relatif: bila suatu daerah dalam waktu tertentu kebutuhan hidup yangØ ada sudah tidak sesuai lagi dengan kemajuan ekonomi dan perkembangan sosial.

Kekurangan penduduk berusia muda, sebagai generasi penerus (dialami negara-negara Eropa barat), biasanya di sebabkan oleh lebih mengutamakan pekerjaan/karir dan mampu menyeimbangkan jumlah penduduk.

Selain itu juga ada juga beberapa faktor yang menyebabkan kepadatan penduduk khusus nya pada ibu kota dan tempat – tempat tertentu, salah satunya yaitu :

Urbanisasi (migrasi dari desa ke kota) walaupun urutannya sangat kecil, namun dapat mempengaruhi pola distribusi penduduk secara keseluruhan.Para urbanit kebanyakan terdiri dari golongan umur muda yang sangat produktif serta banyak inisiatifnya.Sebagian akibat dari penduduk yang rata-rata masih muda tersebut memungkinkan pertumbuhan penduduk yang pesat di kota, dan bagi pembangunan desanya sedikit banyak akan mempengaruhi kelancaran.

Pendidikan dan kesehatan di negara-negara berkembang

Kurangnya pendidikan bagi anak usia sekolah sebab kemiskinan, terikat dalam kerja rumah tanngga, kekurangan bangunan sekolah dan pengajar, dan tidak memiliki sekolah dasar. Kesehatan, banyak penyakit yang di derita masyarakatnya seperti; kebutaan dan animea, tuberkulosis, cacingan, polioyelitis, lepra, dan kekurangan gizi misalnya; kekurangan vitamin A, kurang protein hewani.

Masalah Penduduk

Studi internasional tentang batas-batas akhir pertumbuhan dunia (The Limit to Growth) yang mempelajari tentang 5 unsur dominan:
1) Penduduk makin bertambah
2) Pesatnya industrialisasi
3) Produk pertanian
4) Makin habis sumber-sumber alam yang tak tergantikan
5) Makin rusak alam lingkungan

Langkah-langkah yang diambil untuk mengatasi penduduk dunia:

  1. Menyeimbangkan jumlah penduduk
  2. Konsumsi sumber alam dan pembangkitan polusi harus dikurangi
  3. Penyelenggaraan pendidikan dan pengadaan fasilitas kesehatan
  4. Peningkatan produksi bahan pangan
  5. Penyuburan dan perlindungan tanah untuk mencegah erosi

Rapat penduduk adalah perbandiangan antara jumlah orang dengan tanah yang didiami (diolah) dalam satuan luas. Satuan luas untuk daerah rurai (desa) adalah hektare/kilometer persegi, sedangkan untuk daerah urban (kota) satuannya adalah meter persegi. Kegunaan untuk mengetahui rapat penduduk; untuk mengetahui ada tidaknya gejala overpopulation, untuk mengetahui pusat-pusat aglomenrasi (pengelompokan) penduduk, untuk mengetahui penyebaran dan pusat-pusat kegiatan ekonomi maupun pusat budaya. Terjadinya kelebihan dan kekurangan penduduk pada beberapa wilayah dipengaruhi oleh lokasi, iklim, sumber alam dan transportasi.

Kebijakan Penduduk

Untuk dapat tercapainya kesejahteraan penduduk dalam arti yang luas, terutama keseumbangan antara jumlah penduduk dengan hasil pembangunan.
Usaha-usaha mengimbangi jumlah penduduk;
1. perbaikan kualitas dan kuantitas hasil bumi
2. pemeliharaan sumber-sumber biotik dengan mencegah penyakit tanaman dan hewan
3. memelihara kelangsungan fungsi sumber-sumber alam
4. penambahan hasil pertanian dengan mengubah tanah improduktif menjadi produktif

Usaha-usaha yang dilakukan kebijaksanaan kependudukan adalah ekstensifikasi pertanian dan intensifikasi pertanian. Intensifikasi dilakukan pada daerah tidak memungkinkan terjangkaunya perluasan pertanian.

Pendidikan kependudukan untuk mengubah cara berpikir dari tradisional statis menuju cara berpikir yang rasional dinamis.

melakukan transmigrasi, yaitu adalah perpindahan penduduk dari daerah padat ke daerah yang tidak padat penduduknya. Transmigrasi ada 4, yaitu; transmigrasi umum, transmigrasi sektoral, transmigrasi spontan dan transmigrasi bedol desa. Penyebaran industrialisasi: pembangunan industri yang menyebar keseluruh wilayah Indonesia sehingga mendorong pembangunan masing-masing daerah. Keluarga berencana untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutam ibu dan anak dan mengurangi laju pertambahan penduduk sehingga seimbang antara jumlah penduduk dengan produksi nasional. Usaha keluarga berencana, meliputi; menjarangkan kelahiran, pengobatan kemandulan dan nasihat pernikahan.

NAMA : ACHMAD SAUGI

NPM : 51409810

KELAS : 1IA05

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 30, 2009 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: